Thursday, October 30, 2014

Memberi Obat yang Aman untuk Anak



KeluargaBGT.blogspot.com - Ketika anak sedang sakit, kadang sebagai orang tua Anda sudah hafal obatnya. Pemberian obat untuk anak sangatlah penting disarankan agar selalu berhati-hati karena berhubungan dengan kondisi buah hati yang sedang sakit. Saking hafalnya obat anak kita, sehingga pada saat si kecil sakit lagi Anda langsung membeli obat tanpa memeriksakan anak terlebih dulu ke dokter. Perlu diingat, salah dosis obat anak dan waktu pemberian obat ke anak bisa menyebabkan pengobatan tidak efektif lho, bahkan bisa juga membahayakan anak kita. Sebaiknya berhati-hati dalam pemberian obat untuk anak karena tanpa anjuran dari dokter, kita tidak boleh sembarangan memberikan obat-obatan konter yang mungkin sesuai untuk anak. Kondisi fsisiologis anak dengan orang dewasa sangatlah berbeda sehingga cara minum obat pun berbeda prosedurnya. Riwayat kesehatan anak sangat penting juga dalam hal pemberian obat yang aman untuk anak.

Cara minum obat pada anak

 Cara Yang Aman dalam Pemberian Obat bagi Anak :
  • Jika ingin menggunakan obat yang sama, sebaiknya tanyakan pada dokter atau apoteker untuk mendapatkan anjuran takaran obat yang sesuai. Tidak boleh mengira-ngira sendiri dosis obatnya, baca juga anjuran pakai pada kemasan obat. Ingat, dosis pemberian obat bagi anak adalah 10 mg untuk setiap Kg berat badan anak.
  • Pemberian tiap dosis perlu diperhatikan. Gunakan alat ukur yang sesuai untuk menakar dosis obat, seperti sendok takar, pipet atau cup yang ada dalam kemasan obat.
  • Jika si kecil tidak kunjung sembuh, jangan menambahkan dosis sendiri dan lebih baik bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan.
  • Dilarang memberikan obat pada anak dari resep anak lain karena kondisi setiap anak berbeda. Apabila anak memiliki obat yang sama untuk kondisi sakit yang sama, jangan lupa perhatikan kadaluarsanya.
Hal di atas perlu diketahui pada saat memberikan obat pada anak. Perlu diingat, berhati-hatilah memberikan obat yang aman bagi anak.

No comments:

Post a Comment