Thursday, October 30, 2014

Yuk Dampingi Anak Menonton Televisi


KeluargaBGT.blogspot.com - Nonton TV kurang baik buat anak, itulah pendapat banyak ahli maupun khalayak umum. Hal itu diasumsikan karena dapat membuat anak menjadi terpaku di depan TV sehingga malas bergerak. Nah, dengan berkurangnya aktivitas fisik yang dimaksud, sangat beresiko terhadap anak sehingga menderita obesitas saat besar nanti.

Dampingi anak saat menonton televisi

Pendapat yang lain mengatakan anak dapat berperilaku agresif karena menirukan program tayangan televisi yang memuat kekerasan dan tingkah laku yang kurang positif untuk seusia anak. Bahkan ada asosiasi pedaitrik di Amerika  yang berkonsentrasi pada perkembangan kesehatan, perawatan, dan penanganan anak-anak dari bayi sampai dewasa, menyarankan agar anak yang di bawah usia 2 tahun tidak perlu menonton televisi sama sekali. Kemudian anak usia di atas 2 tahun disarankan menonton televisi  hanya 1 jam per hari.

Para orang tua jadi merasa bersalah ya kalau sudah membaca saran para ahli tersebut kalau membiarkan anak menonton TV. Tapi sebenarnya nggak papa kok, sesekali menonton televisi bagi anak ada juga manfaatnya. Berikut tips dan infonya, seperti :


Pilih program tayangan yang tepat bagi anak. Orang tua memiliki tugas dan tanggung jawab untuk terlibat dalam memilih tayangan televisi yang tepat bagi keluarga, khususnya sesuai usia dan perkembangan anak. Realitanya, tayangan televisi khusus untuk anak sekarang sangat banyak di setiap stasiun televisi. Tapi perlu diingat, jangan jadikan tayangan televisi atau film khusus anak sebagai baby sitter anak kita.


Nonton televisi bersama anak. Menonton televisi merupakan salah satu acara edukasi bagi anak dan Anda. Orang tua harus mendampingi anak pada saat menonton televisi. Selalu libatkan anggota keluarga yang lebih dewasa pada saat menonton televisi, sehingga anak dapat terkontrol dan diarahkan. Contoh kasusnya, saat menonton acara memasak, Anda bisa menjelaskan dan mengenalkan soal macam-macam sayuran dan bahan masakannya. Saat menonton tayangan khusus anak pun, usahakan untuk mendampingi anak sehingga bisa diajak membicarakan apa yang ditonton. Anda juga bisa membicarakan tentang karakter dan sifat tokoh dalam film yang ditonton, sambil mengajari empati dan sifat positif lainnya. Begitu juga dengan tayangan ilmu pengetahuan, Anda dapat juga belajar dari tayangan yang ditonton oleh anak.


Mengingatkan dan menindaklanjuti dengan praktek langsung. Banyak sekali ide aktivitas bersama anak yang bisa kita dapatkan dari berbagai acara televisi. Pada saat menonton tayangan menyanyi khusus anak, bisa juga berjoget dan bernyanyi bersama anak. Bisa juga setelah menonton tayangan masak-memasak, anak kita ajak di dapur untuk belajar memasak bersama. Kerennya lagi, ada tayangan khusus anak agar dapat menirukan membuat aneka prakarya untuk melatih daya kreatifitas anak.

Sayang anak sayang keluarga


Jangan lupa, dampingi anak kita pada saat menonton televisi, setuju ?!


 


No comments:

Post a Comment